Sabtu, 03 Oktober 2015

[cerita terjemahan] Mickey’s Best Friend (Lost Episode)




MICKEY’S BEST FRIEND [Lost Episode]
(Teman Baik Mickey Mouse - Episode yang Hilang)
Credit to—creepypasta
Originally translated by—RainiLa


Mickey’s best friend adalah animasi kontroversial berdurasi 10 menit yang muncul di bioskop-bioskop tanggal 15 november 1929. Selanjutnya, animasi ini dicekal dan dilarang tayang karena dampaknya pada anak-anak setelah menonton isinya. Animasi ini dibuat oleh Ub Iwerks, sementara musiknya disusun oleh Carl Stalling.
Edisi ini bahkan tak tersedia bagi kolektor animasi klasik Mickey. Awalnya, animasi ini dibuat bersamaan dengan peringatan Halloween yang bercerita tentang Mickey dan Eustace, karakter anjing anthropomorphic ( hewan yang diberi kemampuan seperti manusia). Walt—pada saat itu—berpikir bahwa anak-anak bosan dengan tayangan anak pada umumnya, dan mereka cukup dewasa untuk bisa menonton apa yang ingin Walt suguhkan pada mereka.

Alur
Mickey sedang mengendarai mobil menuju ke tempat kerjanya. Di tengah jalan, mobil Mickey macet karena kerusakan mesin, lalu dia turun untuk mengeceknya. Saat Mickey mengetahui mobilnya butuh perbaikan, dia bingung sampai Eustace muncul dan membantu masalahnya. Mickey lega dan segera memperkenalkan diri. Setelah berkenalan dengan Eustace, Mickey mengundangnya ke suatu tempat. Eustace bertanya barangkali Mickey punya keperluan lain, namun Mickey bohong padanya dan malah bolos kerja.
Keduanya tiba di sebuah kafe dimana pemiliknya mengenali Mickey, dan memberi Mickey tatapan dengki. Dia berjalan dan dengan kasar bertanya apa yang Mickey inginkan. Setelah memesan, Si Sherif (Pete) masuk dan menghampiri Mickey, memintanya untuk segera melunasi biaya sewa yang telat dibayar. Mickey yang frustasi segera di tolong oleh Eustace yang melunasi semua hutang Mickey. Si Sherif tertawa, sebelum Si Serif meninggalkan scene, dia memperingatkan Eustace bahwa Mickey hanya akan membawa masalah baginya. Mickey—yang lega karena terbebas dari masalah—memeluk Eustace dengan gembira.
Mickey meninggalkan kafe bersama Eustace dan mulai memperkenalkan teman barunya kesemua penduduk lokal di beberapa scene berbeda. Mereka nampak tak peduli dan melewati Mickey begitu saja. Penduduk terakhir yang mereka ajak bicara mulai terkikik dan memperingatkan Eustace bahwa dia harus berhati-hati saat di dekat tikus itu. Eustace coba meminta penjelasan kenapa dia seolah-olah benci pada Mickey, tapi penduduk itu seketika menghilang setelah memperingatkan Eustace.
Eustace bertanya pada Mickey, kenapa dia malah tersenyum setelah mendapat perlakuan seperti itu, lalu Mickey mengaku bahwa dia tak punya teman sebelumnya dan bahwa Eustace adalah teman pertamanya. Eustace merasa tak enak dan nampak menyembunyikan perasaan bersalah. Mickey dan Eustace berada di sekumpulan scene yang berganti dengan cepat; bermain lalu mendaki gunung untuk melihat pemandangan. Setelah itu, Mickey menunjukkan rumahnya pada Eustace, berharap Eustace bisa tinggal dengannya. Inilah dimana Eustace merasa tak enak pada si tikus, tapi akhirnya dia berterus terang kalau dia harus pergi.
Mickey terkejut dan menyimpulkan bahwa itu adalah bentuk pengkhianatan seperti hubungan pertemanan yang sudah-sudah. Eustace memberitahu Mickey bahwa dia tak nyaman dengan kota ini, khusunya para penduduk. Dia berencana untuk mencari tempat lain. Dia minta maaf pada Mickey dan menyampaikan beberapa patah kata yang menenangkan sebelum berjalan menuju pintu. Mickey melesat dan meraih kaki Eustace dan memohon agar Eustace bisa tinggal, tapi Eustace menggeleng. Mickey bersumpah, dia tak bisa kehilangan satu-satunya teman yang dia punya, sehingga dia memukul Eustace dengan batu yang dia temukan di tanah.
Adegan selanjutnya, Mickey turun ke lantai bawah menuju basement. Dia menyalakan lampu ditempat dimana Eustace diikat diatas meja operasi. Eustace masih tak sadarkan diri. Mickey mulai terisak dan bertingkah seolah-olah menyesali perbuatannya. Dia bicara pada Eustace bahwa dia terpaksa harus seperti ini. Dia terus-terusan berteriak bahwa dia tak bisa lagi hidup sendiri dan akhirnya dia mengambil pisau dari bawah meja operasi lalu mulai bekerja dalam scene yang di sensor.
Setelah Eustace bangun, dia sadar bahwa dia bukan lagi anthropomorphic (hewan yang diberi kemampuan seperti manusia), dia kini benar-benar jadi anjing yang sesungguhnya. Dia ketakutan dan hanya bisa menyalak. Selama ketakutannya, cerita berubah menjadi sudut pandang orang pertama dan kita melihat Mickey memasuki ruangan. Eustace tak lagi terlihat ketakutan saat dia melihat Mickey. Dia merasa kalau dia membutuhkan Mickey, lalu dia melompat dan menjilati Mickey.
Mickey memberitahu Eustace bahwa tak akan ada seorangpun yang tau akan hal ini dan akan jadi rahasia selamanya. Dia bilang pada Eustace bahwa Eustace akan dipanggil dengan nama Pluto sampai mereka terpisah. Adegan berubah ke rumah Mickey dan gambar mengecil. Tawa Sherif terdengar bersamaan dengan penduduk yang telah mengingatkan Eustace soal Mickey sejak awal.

Latar Belakang.
Walt Disney terinspirasi untuk membuat sebuah animasi pendek bertema Halloween untuk Si Tikus.  Karakter dibuat dan kemudian menjadi karakter resmi. Pemilik kafe selanjutnya dikenal dengan nama Daisy Duck dan penduduk yang berusaha memperingatkan Eustace dikenal sebagai Goofy, yang sengaja dibuat mirip seperti desain Eustace.
Pluto juga jadi karakter ulang, tapi segala hal mengenai Eustace tak pernah disebutkan. Iwerk merasa jijik selama adegan terakhir dan menuntut agar adegan operasinya di sensor, Walt tak punya pilihan lain sehingga dia menyensor adegan tersebut.

Produksi
Produksi animasi tersebut ditunda karena banyak pekerja merasa bersalah pada Eustace setelah membaca naskah. Produksi berjalan sangat lambat karena para pekerja tak benar-benar ingin menyelesaikan animasi ini. Juga kurangnya budget karena tuntutan para animator yang ingin bayaran lebih lantaran bekerja diluar batas nyaman mereka, khususnya untuk standar animasi anak-anak. Butuh beberapa bulan lamanya untuk menyelesaikan animasi ini.

Penerimaan
Banyak protes dan kontroversi terkait penayangan kartun yang selesai dirilis di bioskop ini. Ya, berlawanan dengan apa yang Walt harapakan. Orang-orang menyatakan bahwa anak-anaknya tak bisa tidur pada malam hari dan mengalami mimpi buruk karena adegan operasi yang dilakukan Mickey. Bahkan anak-anak yang lebih kecil harus mendapat perhatian lebih karena mereka takut ditinggal sendirian, khususnya saat malam hari. Karena ini, para orang tua ingin mendesak perubahan isi animasi. Walt akhirnya memutuskan  untuk menghancurkan semua kopian animasi ini sebagai usaha menutupi kesalahannya.

Teori
Beberapa orang menyatakan bahwa Eustace dan Goofy mirip. Beberapa mengatakan bahwa sosok Eustace kemudian digunakan sebagai tokoh Goofy dengan karakter yang lebih kikuk.
Setelah beberapa kali melihat, beberapa orang berbincang mengenai beberapa karakter anthropomorphic ( hewan yang diberi kemampuan seperti manusia) yang berlaku seperti makhluk normal sementara ada yang secara mental dianggap tak mampu dan dipelihara sebagai peliharaan yang dikekang karena mereka bisa jadi sangat berbahaya.
Sementara itu tak ada hubungan antara Eustace dan animasi ini di masa mendatang, Mickey selalu saja sangat khawatir saat Pluto kabur atau hilang dan bahkan mencoba mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan “Teman baik”-nya. Inilah satu-satunya hubungan  “Mickey’s Best Friend” yang terlihat di animasi yang lain.

Sumber
Ada beberapa situs yang memperlihatkan screenshot dari animasi “Mickey’s Best Friend”, tapi tak lagi bisa di akses, situs tersebut tak lagi bisa ditemukan dan nampak menghilang.
Sebagian besar penulis dari animasi ini telah meninggal karena usia tua. Saat mereka masih hidup, mereka menolak membicarakan animasi ini. Beberapa beranggapan karena rasa bersalah mereka.

Tidak ada komentar: